Kenali Penyebab Umum Penyakit Ambeien Berikut Ini

Penyakit ambeienPenyakit ambeien atau yang juga dikenal sebagai wasir ini merupakan benjolan di area anus yang disebabkan pembengkakan serta peradangan pembuluh darah vena. Kebanyakan ambeien ini disebabkan oleh seringnya mengejan yang terlalu keras saat buang air besar. Rasa sakit yang ditimbulkan penyakit ini membuat duduk terasa tidak nyaman bahkan mampu menghambat aktifitas. Sebenarnya, ada beberapa penyebab umum penyakit ambeien yang sebaiknya diwaspadai.

Sembelit Kronis

Saat mengalami sembelit, feses biasanya menjadi lebih keras sehingga membutuhkan tenaga lebih untuk mengejan. Dalam kondisi demikian, ketika tekanan ekstra saat mengejan ternyata mampu memicu berkembangkan bengkaknya pembuluh darah vena di area anus yang menyebabkan ambeien.

Kehamilan

Penyebab lain dari penyakit ambeien adalah kehamilan. Ketika usia kehamilan semakin besar tentunya ukuran rahim pun berkembang semakin besar mengikuti perkembangan janin. Pembesaran rahim tersebut menimbulkan tekanan ke pembuluh darah yang ada di usus besar. Hal ini rupanya bisa menjadi salah satu pemicu munculnya benjolan yang ada di area anus.

Duduk dalam Waktu Lama

Ternyata duduk yang terlalu lama juga bisa menjadi salah satu penyebab penyakit ambeien. Hal ini dikarenakan pembuluh darah yang ada di sekitar anus menjadi lebih banyak terisi darah. Aliran darah tersebut menyebabkan penekanan pada dinding pembuluh darah dan menjadi semakin membesar.

Sering Mengangkat Benda Berat

Banyak orang kurang menyadari bahwa keseringan mengangkat berbagai benda berat rupanya bisa menjadi penyebab ambeien. Saat mengangkat benda berat, hal ini bisa menimbulkan penumpukan tekanan pada area rektum yang berpengaruh pada aliran darah dan menimbulkan pembengkakan pada pembuluh darah.

Usia

Hal lain yang bisa menjadi penyebab ambeien adalah usia. Saat usia semakin bertambah, hal ini tentu menyebabkan jaringan pembuluh darah di sekitar anus serta rektum menjadi lebih lemah dan renggang. Ini mampu memicu pembuluh darah yang rentan membengkak.

Saat sudah terjadi, penyakit ambeien sebaiknya tidak dihiraukan. Meski sebagian penderita penyakit ini menemukan benjolan di anus menjadi lebih kecil dan mengempes, hal ini tidak bisa hilang dan bisa membesar sewaktu-waktu ketika ada pemicu. Bila kondisi terasa cukup menggnggu maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *